Cerita Langka

CeritaLangka.wordpress.com

DINOSAURUS

DINOSAURUS

Binatang apa sih itu?
Dinosaurus itu hewan vertebrata yang paling dominan yang pernah hidup di dunia ini saat masa kira2 160 juta tahun yang lalu. Semuanya sudah punah dalam sebuah pemusnahan massal oleh alam (Cretaceous–Tertiary extinction event.)

Dulu, para ilmuwan berpikir bahwa dinosaurus merupakan binatang yang bergerak sangat lambat, dan sangat rendah dalam bidang kecerdasannya, hal itu disebabkan oleh karena dulu, fossil dinosaurus yang paling awal ditemukan salah 1 nya adalah Archaeopteryx, itu tuh dinosaurus setengah burung, makanya sebagian besar penelitian ya berkisar tetang karakteristik berdasarkan fossil itu

tapi seiring ilmu pengetahuan berkembang dan fossil2 lain ditemukan, akhirnya di temukan kalo mereka pintar juga dan cepat pergerakannya….

Dinosaurus tuh awalnya darimana?
dinosaurus tuh merupakan binatang (hm… nyebutnya gimana ya) klasifikasi nya jenis Archosaur

yang kira2 binatang2 archosaur itu hidup sekitar 230 juta tahun yang lalu (nenek moyang nya dinosaurus)

klasifikasi dinosaurus:
dinosaurus di klasifikasikan dengan cara melihat struktur tulangnya. dari struktur tulangnya, dapat di klasifikasikan dinosaurus itu jenis apa, makan apa, hidup dimana,kebiasaannya, dsb…

seperti kira2 begini lah :
secara garis besar, di bedakan menjadi 2 jenis, berdasarkan jenis tulang pinggulnya (hips)

1. tipe burung (ornithischians (‘bird-hipped’, from the Greek ornitheios (ορνιθειος)) dinosaurus2 ini punya struktur tulang pinggul seperti burung((perlu diketahui kalo nggak semua yg punya piinggul tipe ini bukan semuanya burung ya!)

itu tyrannosaurus lho….

2. tipe ornithischian (kebanyakan herbivora nih)

pasti lu orang ga tau kan gambar edmontosaurus kayak apa nih

walah…. kalogitu sebegitu ribetnya… gimana gue ngertinya?
whahaha ya derita lu lah, kalo susah ngertinya gua kasih aja gambar2 dan keterangannya. klasifikasinya aja udah segitu aja sih, mau yang lebih ribet lagi otak gua ga sampe situ eace:

jalan2 yuk ke dunia dinosaurus. Ada 4 jenis dinosaurus yang paling populer, dibahas disini hanya 4 itu ya:
1. triceratops

2. Mr. T-rex

om yang 1 ini ukuran nya nggak tanggung2… ini merupakan salah 1 karnivora terbesar yang pernah ditemukan di bumi ini, ukurannya nggak nanggung2 panjangnya 12,8 meter, tingginya 4 meter, beratnya 8 ton, perbandingannya:

dia aga2 rabun matanya, tapi idungnya mantep banget kalo nyium2…. ukuran gigi terbesar yang pernah ditemukan yaitu sepanjang 30 cm

3.pteranodon (flying dinosaur)


eit jangan meremehkan burung yang 1 ini, dikibas mampus kita…. dia nggak makan orang tapi makan ikan (ikan jaman jurrasic tentunya) mulutnya bentuknya seperti burung pelikan, biasa hidup di bebatuan, dan lebar sayapnya tuh….  7 METER! tapi berat badannya cuma sekitar 15 kg. ukuran badannya kira2 sebesar burung turkey, saat berdiri tingginya (hanya  6 meter) bisa bayangin telornya kalo di ceplok kayak apa😛

4. Brontosaurus/Apatosaurus (yang panjang lehernya)

tipe ini merupakan famili dari diplodocus (keluarganya lebih ngga nanggung2 lagi ukurannya)


panjangnya… 25 meter, berat 113 ton

rekor fossil terpanjang yg pernah di temukan sepanjang 54 meter

bisa di bayangin dengan badan brontosaurus yang segede gaban, gimana caranya binatang ini bernapas sangat membingungkan ilmuwan untuk mempelajari binatang ini, setelah di ketahui, ternyata dikit kok, untuk bernapas, kapasitas paru2 nya binatang ini cuma 900 liter, volume jantungnya 500 liter (4 katup)
dan estimasi minumnya dia 292 liter air tiap harinya  berapa bak mandi tuh… boros bayar pam miara ginian  sedangkan untuk makanannya, nggak diketahui berapa banyal makanan yg diperlukan oleh binatang ini buat makan.

————————————————————-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: